Tuesday, January 10, 2012

Pemuda dan Identitas

Di pundak pemuda terdapat bermacam-macam harapan. Hal ini karena mereka diharapkan dapat menjadi generasi penerus, yag akan melanjutkan generasi sebelumnya. Mereka adalah generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estapet  pembangunan secara terus menerus. Pada generasi ini terdapat permasalahan yang sangat bervariasi. Jika tidak diatasi secara professional, maka dikhawatirkan para pemuda akan kehilangan fungsinya sebagai generasi pembangunan.
Disamping menghadapi berbagai permasalahan, pemuda memiliki potensi yang melekat pada dirinya dan sangat penting artinya sebagai sumber daya manusia. Oleh karena itu berbagai potensi positif yang dimiliki oleh generesi muda ini harus digarap, dalam arti dikembangkan dan dibina,sehingga sesuai dengan asas, arah, dan tujuan pengembangan dan pembinaan generasi muda di dalam jalur-jalur pembinaan yang tepat serta dan senantiasa bertumpu pada strategi pencapaian tujuan nasional
Proses sosialisasi generasi muda sangat menentukan kemampuan seorang pemuda untuk menyelaraskan diri ditengah-tengah kehidupan masyarakt. Oleh karena itu, pada tahapan dan pengembangan dan pembinaannya, melalui proses kematangan dirinya dan belajar pada berbagai media sosialisasi yang ada di masyarakat, seorang pemuda harus mampu mengendalikan hidupnya di tengah-tengah masyarakat dan tetap mempunyai motivasi sosial yang tinggi. Dan mudah-mudahan dengan semangat dan motivasi ini, pemuda dapat mengembangkan segala potensi yang ia miliki sebagai mana yang pernah diungkapkan oleh bapak proklamator kita,  “berikan saya 10 orang pemuda, maka saya akan menggoncangkan dunia”.
Menelaah dari ungkapan tersebut, betapa pentingnya peran pemuda pada zaman dahulu bahkan sampai sekarang masih kita rasakan.Kita menyadari sesungguhnya pada era sebelum kemerdekaan, para pemuda dengan giat memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah pada waktu itu. Kalau dahulu berjuang melawan penjajah, sekarang beperan untuk mengisi kemerdekaan. Mudah-mudahan dengan kesadaran ini para pemuda dapat mengembangkan dirinya dalam masyarakat yang majemuk.

No comments:

Post a Comment