Wednesday, June 26, 2013

E-Commerce

Pengertian Electronic Commerce (E-Commerce)

> E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson)
> E-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, dan pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir)
> Kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, Fax, telepondsb. (Donna Perry)

Sejarah E-Commerce

Diawal tahun 1970-an dimulai penerapan Electronic Commerce (ecommerce), yaitu dengan adanya Electronic Found Transfer (EFT). Saat itu, tingkat penggunaannya masih terbatas pada perusahaan besar, lembaga keuangan, dan beberapa perusahaan kecil. Kemudian dikenal Electronik


Data Interchange(EDI), yang berkembang dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lain. Jumlah perusahaan yang ikut serta menjadi lebih banyak, mulai dari lembaga keuangan sampai perusahaan manufaktur, layanan dan sebagainya. Aplikasi lain kemudian muncul, memiliki jangkauan dari perdagangan saham hingga sistem reservasi perjalanan, aplikasi ini disebut aplikasi telekomunikasi.(M N Fuady, 2008, Artikel)

Kemudian pada tahun 1990-an komersialisasi di internet mulai berkembang pesat, maka muncullah istilah baru Electronic Commerce atau lebih dikenal e-commerce . Berkembangnya teknologi tersebut disebabkan karena perkembangan jaringan, software, persaingan yang meningkat dan berbagai tekanan bisnis. Riset center e-commerce di Texas University menganalisa 2000 perusahaan yang online di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-commerce, naik sampai 72% dari $99,8 Milyar menjadi $171,5 Milyar. Di tahun 2006 pendapatan di Internet telah mencapai angka triliunan dollar (Wahyu Sajati, 2009, Artikel).

Jenis - Jenis E-Commerce

> Business to Business (B2B): E-commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di Electronic market.
> Business to Costumer (B2C):Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan.
> Customer to Customer (C2C):Konsumen menjual secara langsung ke konsumen lain. Atau mengiklankan jasa pribadi di Internet.
> Customer to Business (C2B):Perseorangan yang menjual produk/layanan ke organisasi, perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi.
 
Kelebihan E-Commerce

> Otomatisasi, menggantikan proses manual
> Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
> Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
> Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”
> Transaksi, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yg melibatkan institusi lain.

Kekurangan E-Commerce

> Perlunya keahlian komputer
> Biaya tambahan untuk mengakses internet
> Biaya peralatan komputer
> Risiko bocornya privasi dan data pribadi
> Berkurangnya waktu untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain  


Kali ini saya akan membahas sebuah website yang mengandung e-business dan e-commerce didalamnya yaitu http://www.blibli.com/


SEJARAH PERUSAHAAN

Blibli.com diluncurkan pada 25 Juli 2011 oleh PT. Global Digital Niaga (GDN) yang merupakan anak perusahaan PT. Global Digital Prima (GDP) milik Martin Hartono –putra owner Djarum Group, Budi Hartono. PT. Global Digital Prima (GDP) adalah bagian dari perusahaan produsen rokok terbesar di Indonesia Djarum Group yang juga menjadi pemegang saham beberapa bisnis online terkemuka seperti situs e-commerce Kaskus, serta beberapa situs lokal macam lintasberita.com, krazymarket.com, dailysocial.net, dan perusahaan inkubator bisnis online bernama Merah Putih Inc. Keberadaan Blibli.com dengan nilai investasi $ 10 juta menjadi pertanda keseriusan dan makin eksisnya Djarum Group dalam bisnis online.

Blibli.com digawangi tenaga-tenaga muda profesional dengan latar pendidikan rata-rata jebolan luar negeri. Salah satu sosok penting dibalik berdirinya Blibli.com adalah Kusumo Martanto, lulusan S-2 Teknik Industri dari Georgia Institute of Technology, Amerika Serikat yang kini mejabat CEO PT. Global Digital Niaga (GDN). Sejak lulus SMA pada 1992, Kusumo Martanto melanjutkan pendidikan di AS dan bekerja di beberapa perusahaan di AS seperti Intel Corporation dan i2 Technologies dengan jabatan terakhir Senior Manajer Produk. Baru pada tahun 2009 dia pulang ke Indonesia karena pinangan Djarum Group dengan memulai debut kariernya lewat Blibli.com dibawah naungan PT. Global Digital Prima (GDP).

Blibli.com pada 29 Februari 2012 meraih penghargaan The Best e-Commerce dari ajang Gadget Award 2012. Penghargaan ini diterima Blibli.com berkat apresiasi konsumen atas konsistensi Blibli.com dalam menghadirkan berbagai gadget terbaru, promo menarik yang memanjakan gadget lover, dan program komunikasi yang kreatif. Penghargaan tersebut diharapkan memacu Blibli.com yang ingin menjadikan online shopping sebagai tempat tujuan utama masyarakat Indonesia yang trend conscious dan lifestylle savvy untuk mendapatkan produk-produk berkualitas dalam menunjang gaya hidup modern yang smart dan dinamis.

VISI DAN MISI PERUSAHAAN:

perusahaan ini memiliki tujuan agar penyebaran produk dapat menembus pasar International yang disertai dengan meningkatnya kelayakan produk serta daya beli yang semakin tinggi.

KELEBIHAN

Website ini memiliki kelebihan yaitu lengkap nya jenis produk dan contoh gambar yang benar-benar seperti asli nya (foto tidak menipu) serta tampilan menarik dari website tersebut yang membuat konsumen tertarik untuk membuka. Kelebihan dari blibli.com ini gak sekadar berjualan, situs ini menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan. Selain itu, situs Online Shopping ini, telah memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari VeriSign. Untuk Sertifikasi Verisign itu sendiri merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia, serta mitra perbankan yang terpercaya diseluruh dunia. Situs Blibli.com ini memposisikan dirinya sebagai social e-commerce, yang mengusung tagline “assisting customer assisting customer”, Yang artinya adalah Situs  Blibli.com membantu si pelanggan agar pelanggan tersebut dapat membantu pelanggan lainnya.  Situs Blibli.com ingin menempatkan dirinya sebagai sahabat bagi para pelanggan yang memberikan saran-saran terbaik dari para member yang dianggap oleh Situs Blibli.com ini dengan sebutan “friends”. Sebagai online mall, Blibli.com juga mencoba menawarkan berbagai kemudahan bagi para pelanggan. Untuk kategori Women, misalnya, pelanggan tak hanya dapat membeli busana yang diinginkan, tetapi juga diberi saran mengenai bawahan, sepatu, tas, atau aksesori apa yang cocok untuk busana tersebut. “Ada juga konsep mix & match. Pokoknya pelanggan itu di-enriched (pengalamannya), pantas nggak sih kalau beli baju ini. Gadget juga akan dibuat seperti itu. Kalau memakai gadget yang ini, aksesorinya apa ya,” ujar Ivan memberi contoh. Dalam proses pembelian dan pembayaran, pelanggan juga selalu diberi kesempatan untuk mengonfirmasi kembali keputusannya untuk membeli. Kemudian ketika barang sedang kosong atau habis (out of stock), akan ada informasi kapan stok barang datang lagi. Dengan demikian pelanggan tidak putus asa dan berpindah ke “toko sebelah”

KEKURANGAN

kekurangan dari website ini adalah untuk metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit. terdapat persyaratan untuk pengiriman gratis.

YANG PERLU DILAKUKAN

Yang perlu dilakukan agar website dari perusahaan ini dapat dikategorikan sebagai website yang baik adalah dengan cara memperluas jaringan usaha ke dalam maupun luar negri serta ditambahkannya fitur-fitur yang dapat lebih menunjang penampilan serta kualitas website perusahaan ini serta mempermudah dengan cara mengubah cara pembayaran yang tadinya hanya bisa dilakukan dari kartu bisa melakukan pembayaran dimuka.

No comments:

Post a Comment