Pada
tugas softskill kali ini yaitu “Pengantar Teknologi Game” akan
membahas apa saja yang harus diketahui untuk mebuat project
bertemakan game. Ada lima yang harus diketahui, dan di bawah ini
penjelasannya.
- Project Name adalah angkah awal dalam membuat project, kita harus menentukan judul yang tepat untuk megerjakan project ke langkah selanjutnya.
2.Project Owner adalah
seseorang yang memiliki proyek dan memberikan proyek tersebut kepada
pihak lain yang mampu melaksanakannya sesuai dengan pejanjian kontrak
kerja.
3.Project Charter
adalah dokumen yang dibuat oleh sponsor yang secara formal mempunyai
wewenang atas suatu project, dan memberikan wewenang kepada project
manager untuk menggunakan resource pada aktivitas-aktivitas project.
4.Project Manager
adalah seseorang yang diberikan tanggung jawab untuk memimpin tim
proyek di dalam mengelola, merancang, mengeksekusi dan menutup proyek
sesuai dengan tujuan dari proyek yang telah ditetapkan. Peran kunci
dari project manager di dalam project management diantaranya adalah
menentukan tujuan proyek yang ingin dicapai, membangun requirement
proyek dan mengelola 3 batasan dari proyek yaitu scope, cost dan
schedule ditambah batasan kualitas secara efektif. Ada tujuh yang
termasuk dalam Project Manager, yaitu:
a.Bisnis Analist adalah
kemampuan menganalisa dalam bisnis untuk memproses yang terjadi di
dunia nyata sebelum dianalisa untuk dibuat sistemnya.
b.Fungsional adalah
suatu kegiatan yang mempunyai suatu tujuan yang meliputi banyak
aspek.
c.QA (Quality Assurance)
adalah seluruh perencanaan dan kegiatan sistematis yang diperlukan
untuk memberikan suatu jaminan yang memadai bahwa suatu produk akan
memenuhi suatu persyaratan tertentu. Dan agar pelaksanaannya dapat
berjalan efektif diperlukan proses control pada setiap tahap produksi
yang tujuannya adalah menjamin kualitas produk melalui Quality
Control (QC) sebagai pelaksana operasional dari QA.
QA diperlukan untuk
menjamin mutu manajemen perusahaan dari pandangan owner bahwa produk
yang dihasilkan dapat berfungsi secara penuh sesuai dengan yang
diinginkan dan dapat digunakan selama kurun waktu yang telah
ditetapkan sehingga tercapai kepuasan konsumen (owner).
d.User and Accept Test
(UAT), pada dasarnya UAT merupakan bagian
dari manajemen. Kita tidak dapat mengalokasikan waktu dan sumber daya
untuk menguji segala sesuatu sistem akan melakukan. Dengan UAT kita
harus mengalokasikan sumber daya yang terbatas di mana mereka akan
paling efektif. Teknik ini kita sebut Triage.
e.System Analist adalah
orang-orang yang memandu / menetapkan pengembangan suatu sistem
informasi. Mereka adalah orang yang bertanggung jawab dalam
membangung suatu sistem informasi yang dirancang secara objektif guna
mencapai goal suatu organisasi.
Development System,
merupakan bagian dari System Analist. Development sendiri memiliki
pengertian, yaitu tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh
analis sistem dan programmer dalam membangun sistem informasi.
Dibagi menjadi tiga
bagian yang termasuk dalam Developmennt System.
ØProgrammer adalah
sebuah profesi yang bertugas untuk membuat program melalui bantuan
bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk menyelesaikan
permasalahan.
ØDesainer adalah
seseorang yang mendesain sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu.
ØDBA adalah orang yang
bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan
perbaikan database. DBA sering disebut juga database koordinator
database programmer, dan terkait erat dengan database analyst,
database modeler, programmer analyst, dan systems manager. Peran DBA
mencakup pengembangan dan desain strategi database, pemantauan dan
meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan perencanaan
kebutuhan pengembangan di masa depan.
f.Release Strategy
adalah sutu perencanaan yang belum ditampilkan secara khusus.
g.Go Live (Release
Application) adalah munculnya sebuah aplikasi yang siap digunakan.
5.Dokumentasi adalah
teknik mengumpulkan data dengan cara mengalir atau mengambil
data-data dari catatan, dokumentasi, administrasi yang sesuai dengan
masalah yang diteliti. Ada tiga bagian yang terdapat di dokumentasi,
yaitu:
a.Check Sheet QA
merupakan form check sheet yang sudah dipakai secara nasional baik di
Pama maupun UT dengan urutan seperti itu, kita sebagai pelaksana
tinggal meneruskan apa yang sudah dibuat oleh para pendahulu.
b.Desain Form dengan
konsep animasi dua dimensi patut untuk diterapkan. Form ini cukup
menarik perhatian karena biasanya desain dua dimensi ini tampil
dengan warna yang cerah dan stand out. Akan lebih menarik jika
desain dibuat sedemikian rupa sehingga jika pengunjung memutar scroll
pada mouse, gambar animasi akan berjalan secara terus menerus.
Animasi tersebut bisa menghantarkan pengunjung pada halaman informasi
dan halaman form.
c.Project Schedule/ Timeline adalah
kegiatan menetapkan jangka waktu kegiatan proyek yang harus
diselesaikan, bahan baku, tenaga kerja serta waktu yang dibutuhkan
oleh setiap aktivitas. Sumber daya yang berkaitan dengan Project
Schedule ialah manusia, material, peralatan, dan modal kerja
No comments:
Post a Comment