Pengenalan UML
UML
(Unified Modeling Language) merupakan pengganti dari metode analisis
berorientasi objek dan design berorientasi objek(OOA&D) yang dimunculkan
sekitar akhir tahun 80-an dan awal tahun 90-an.
UML
merupakan gabungan dari metode Booch, Rumbaugh(OMT) dan Jacobson. Tetapi UML
ini akan mencakup lebih luas daripada OOA&D. Pada pertengahan pengembangan
UML dilakukan standarisasi proses dengan OMG(Object Management Group) dengan
harapan UML akan menjadi bahasa standar
pemodelan pada masa yang akan datang.
UML
disebut sebagai bahasa pemodelan bukan metode. Kebanyakan metode terdiri paling
sedikit prinsip, bahasa pemodelan dan proses. Bahasa pemodelan (sebagian besar
grafik) merupakan notasi dari metode yang digunakan untuk mendesain secara cepat.
Bahasa
pemodelan merupakan bagian terpenting dari metode. Ini merupakan bagian kunci
tertentu untuk komunikasi. Jika anda ingin berdiskusi tentang desain dengan
seseorang, maka anda hanya membutuhkan bahasa pemodelan bukan proses yang
digunakan untuk mendapatkan desain.
UML merupakan
bahasa standar untuk penulisan blueprint software yang digunakan untuk
visualisasi, spesifikasi, pembentukan dan pendokumentasian alat-alat dari
sistem software.
Sejarah UML
UML
dimulai secara resmi pada oktober 1994, ketika Rumbaugh bergabung dengan Booch
pada Relational Software Coorporation. Proyek ini mengfokuskan pada penyatuan
metode Booch dan OMT. Versi 0.8 merupakan Metode Penyatuan yang direlease pada
bulan oktober 1995. Dalam waktu yang sama Jacobson bergabung dengan Ralational
dan cakupan dari UML semakin luas sampai diluar perusahaan OOSE.
Dokumentasi
UML versi 0.9 akhirnya direlease pada bulan Juni 1996. Meskipun pada tahun 1996
ini melihat dan menerima feedback dari komunitas Software Engineering. Dalam
waktu tersebut menjadi lebih jelas bahwa beberapa organisasi software melihat
kalau UML merupakan strategi dari bisnisnya. Kemudian dibangunlah UML
Consortium dengan beberapa organisasi yang akan menyumbangkan sumber dayanya
untuk bekerja mengembangkan dan melengkapi UML.
Pemeliharaan UML
terus dipegang oleh OMG Revision Task Force(RTF) yang dipimpin oleh Cris
Kobryn. RTP merilis editorial dari UML 1.2 pada Juni 1998. Dan pada tahun 1998
RTF juga merilis UML 3.1 dengan disertai dengan user guide dan memberikan technical
cleanup.
Software
– Software UML
Terdapat
beberapa software untuk membuat sebuah UML disini akan disebutkan beberapa
diantaranya adalah :
·
Visual Paradigm
·
Rasional Rose
Penegrtian Rational Rose
Rational Rose merupakan salah satu software yang paling banyak digunakan untuk melakukan design software melalui pendekatan UML(Unified Modelling Language).
Rational Rose merupakan software yang menyediakan banyak fungsi - fungsi seperti : design proses, generate code, reverse engineering, serta banyak fungsi-fungsi yang lain.
Rational Rose merupakan tool yang sangat mudah karena sudah menyediakan contoh-contoh design dari beberapa software. Sebelum menggunakannya, terlebih dahulu pahamilah tentang UML ( Unified Modelling Language ). Berikut tampilan awal dari Rational Rose
Diagram UML
- UML sebagai Bahasa Pemodelan
- UML sebagai bahasa untuk Menggambarkan Sistem(Visualizing)
- UML sebagai bahasa untuk Menspesifikasikan Sistem (Specifying)
- UML sebagai bahasa untuk Membangun Sistem(Constructing)
- UML sebagai bahasa untuk Pendokumentasian Sistem (Documenting)
Area Penggunaan UML
UML digunakan paling efektif pada domain
seperti :
-
Sistem Informasi Perusahaan
-
Sistem Perbankan dan
Perekonomian
-
Bidang Telekomunikasi
-
Bidang Transportasi
-
Bidang Penerbangan
-
Bidang Perdagangan
-
Bidang Pelayanan Elekronik
-
Bidang Pengetahuan
-
Bidang Pelayanan Berbasis Web
Terdistribusi
Namun UML tidak terbatas untuk pemodelan
software. Pada faktanya UML banyak untuk memodelkan sistem nonsoftware seperti:
-
Aliran kerja pada sistem
perundangan.
-
Struktur dan Kelakuakn dari
sistem Kepedulian Kesehatan Pasien
-
Desain
Hardware dll.
Tujuan Penggunaan UML
1. memodelkan suatu
sistem (bukan hanya perangkat lunak) yang menggunakan konsep berorientasi
objek.
2. menciptakan suatu
bahasa pemodelan yang dapat digunakan baik oleh manusia maupun mesin.
Diagram dalam UML
1.
Use Case Diagram
Menggambarkan
sejumlah eksternal actor dan hubungannya ke Use Case yang diberikan oleh
sistem. Use Case digambarkan hanya yang dilihat dari luar oleh actor (keadaan
lingkungan sistem yang dilihat user) dan bagaimana fungsi yang ada didalam
sistem.
2.
Class Diagram
Menggambarkan
struktur statis class dalam sistem. Class merepresentsikan sesuatu yang
ditangani oleh sistem. Class dapat dihubungkan dengan lainnya melalui sejumlah
cara : assasiated (terhubung satu dengan yang lain), dependent (satu class
tergantung / menggunakan class yang lainnya), specialiized (satu class
merupakan spesialisasi dari class lainnya), atau packaged (grup bersama sebagai
suatu unit).
3.
Sequence Diagram
Menggambarkan
kolaborasi dinamis antar sejumlah object. Kegunaanya untuk menunjukkan
rangkaian pesan yang dikirim antara objek juga
interaksi antara object.
4.
Collaboration Diagram
Menggambarkan
kolaborasi dinamis seperti sequence diagram. Dalam menjukkan pertukaran pesan,
collaboration diagram menggambarkan object dan hubungannya (mengacu ke
konteks). Jika penekanannya pada waktu atau urutan gunakkan sequence diagram,
tetapi jika penekanannya pada konteks gunakan collaboration diagram.
5.
State Chart Diagram
Menggambarkan
semua state (kondisi) yang dimiliki oleh suatu object dari suatu class dan
kejadian yang menyebabkan state berubah secara dinamis
6.
Activity Diagram
Menggambarkan
rangkaian aliran dari aktivitas, digunakkan untuk mendeskripsikan aktivitas
yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga dapat juga digunakan untuk aktivitas
lainnya seperti use case atau interaksi.
7.
Component Diagram
Menggambarkan
struktur fisik kode dari komponen. Komponen dapat berupa source code, komponen
biner, atau executable component. Sebuah komponen berisi tenatang logic class
atau class yang diimplementasikan sehingga membuat pemetaan dari logical view
ke component view.
8.
Deployment Diagram
Menggambarkan
arsitektur fisik dari perangkat keras dan perangkat lunak sistem, menunjukkan
hubungan komputer dengan perangkat (nodes) satu sama lain dan jenis
hubungannya. Di dalam nodes, executable, component dan object yang dialokasikan
untuk memperlihatkan unit perangkat lunak yang dieksekusi oleh node tertentu
dan ketergantungan komponen.
No comments:
Post a Comment