Sunday, November 10, 2013

Desain Pemodelan Grafik



Pendahuluan

Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Model menurut Departemen P dan K,1984:75 adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan di buat atau dihasilkan. Grafik adalah suatu gambar berupa chart atau diagram, dalam dunia komputer arti grafik menjadi lain yaitu sebuah penggambaran sebuah objek baik 2 dimensi atau 3 dimensi dengan bantuan komputer.  Jadi Desain Pemodelan Grafik adalah pembuatan sebuah pola dari sesuatu yang akan dihasilkan berbentuk 2 dimensi atau 3 dimensi dengan bantuan komputer.



Masalah 

Bagaimana perkembangan pemodelan desain grafik saat ini?

Pemecahan Masalah yang ada

Bagaimana Perkembangan Pemodelan Grafik saat ini ?

Desain Pemodelan Grafik melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.Desain Pemodelan Grafik diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, Desain Pemodelan Grafik dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang dihasilkan (desain/rancangan). Desain Pemodelan Grafik pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, Desain Pemodelan Grafik juga diterapkan dalam media elektronik – yang sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive design),atau “desain multimedia” (multimedia design’) 

Pemecahan Masalah menurut saya

Bagaimana Perkembangan Pemodelan Grafik saat ini ?

Menurut saya perkembangan desain sampai saat ini berkembang sangat pesat, dahulu kita hanya bisa melihat sebuah gambar dengan bentuk 2 dimensi saja seperti di lukisan, majalah, komik dan lain lain. Seiring perkembangan jaman dan teknologi sekarang banyak sekali gambar gambar yang bentuknya 3 dimensi bahkan bisa dibuat sebuah video animasi dan sampai yang terakhir adalah sebuah augmented reality.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari tulisan ini, dapat mengetahui apa itu sebuah desain pemodelan grafik dan juga perkembangan dari desain pemodelan grafik tersebut.

No comments:

Post a Comment