Monday, November 11, 2013

MEMBANDINGKAN DUA MEDIA TERBARU



TEORI
Menurut R Cahyo Prabowo media baru / new media adalah suatu alat sebagai sarana komunikasi yang dimana salang berinteraksi, berpendapat, tukar informasi, mengetahui berita yang melalui jaringan internet serta informasinya selalu terbaru secara kilat dan juga lebih efisien memberikan informasi kepada khalayak banyak.

KASUS
Seiring berkembangnya teknologi maka media yang digunakannya pun harus mengikutinya.  Seperti sebuah jejaring sosial yang kini telah banyak digunakan di kalangan masyarakat, bahkan sekarang dibuat aplikasi –aplikasi jejaring sosial untuk mempermudah penggunanya di dalam handphone atau smartphone-nya. contoh saja Path dan Foursquare kedua aplikasi ini dapat kita gunakan untuk meng-update tempat dimana pengguna berada maupun meng-upload­ sebuah foto.


ANALISA

Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial yang didirikan oleh Dave Morin, Shawn Fanning dan Dustin Mierau di Sanfrancisco, California, digunakan untuk berbagi gambar, pesan dan tempat. Berawal pada aplikasi iphone kemudian ke andriod. Berbeda dengan jejaring sosial lainnya dimana hanya pegguna yang telah menjadi teman saja yang bisa mengakses halaman path  seseorang.  Caranya dengan menyentuh tombol ‘X’ dibagian bawah layar untuk memunculkan aktivitas posting yang bisa pengguna lakukan seperti berbagi foto, musik, lokasi, dan lain – lain. Berberda dengan foursquare yang dikembangkan oleh Denis Crowley dan Naveen Selvadurai, Sejak 11 Maret 2009 aplikasi ini hanya dapat berbagi lokasi dan foto saja tapi, ada juga kelebiahannya yaitu terdapat berbagai macam badge dengan arti yang berbeda -beda. Cara kerja foursquare adalah jika pengguna ingin berbagi tempat tinggal menyentuh ‘check-in’ yang kemudian memilih tempat di  sekitarnya.
Kedua aplikasi ini memiliki kelebihan jika pengguna tidak mengetahui temannya berada, dapat menggunakan aplikasi ini dimana dia berada. Kelemahannya hanya dapat digunakan di dalam perangkat yang terdapat gps di dalam handphone atau smartphone-nya dan juga tidak semua teman dari pengguna merupakan teman di dudia nyata otomatis dapat menimbulkan suatu tindak kejahatan.
Solusinya jangan menerima siapapun dalam pertemanan di dunia maya jika tidak mengenalnya di dunia nyata dan jangan terlalu meng-update tempat – tempat didalam aplikasi tersebut, karena semakin banyak maka akan mendapatkan suatu kepastian.

REFERENSI
m.kompasiana.com/post/new-media/2013/05/25/media-online-media-barunew-media-/
id.m.wikipedia.org/wiki/foursquare
id.m.wikipedia.org/wiki/path

No comments:

Post a Comment